Teknik Dasar Sepak Bola

Clinch merupakan keadaan ketika kedua petinju saling menempelkan badan. Hal ini biasa digunakan untuk memperpendek jarak serangan ideal dari lawan.

Kemenangan ini diraih ketika salah satu peserta berhasil lebih dulu meraih 12 poin dari lawannya. Kemenangan ini bisa diambil ketika salah satu peserta terjatuh dan wasit menilai peserta tersebut tidak bisa untuk melanjutkan pertandingan kembali. Peserta dari pertandingan kyorugi sendiri minimal harus memiliki sabuk hijau, berarti ia harus berada di tingkat Geup 7. Kedua atlet yang bertanding juga harus memiliki tingkat yang sama, hal dilakukan agar pertandingan tidak berat sebelah.

Clinch sebenarnya tidak dilarang untuk dilakukan, namun bila hal ini terjadi maka wasit dalam ring bertugas untuk memisahkan kedua petinju. Bila seorang petinju sering melakukan clinch, ia bisa diberi sanksi berupa pemotongan nilai hingga didiskualifikasi dari pertandingan. Ring sendiri berbentuk panggung yang memilikitinggi 1, 5 meter serta alas berbentuk persegi.

Bila setuju untuk melakukan jus, maka pertandingan akan diselesaikan hingga ada pemain atau pasangan yang mencapai angka 18 terlebih dahulu. Bulutangkis atau yang juga akrab disebut badminton merupakan olahraga yang tipe pemainnya menggunakan raket untuk memukul shuttlecock melewati net untuk meraih poin.

Hal itu karena wilayah yang menjadi incaran pada pukulan ini adalah bagian di bawah perut. Bila seorang petinju kedapatan melakukan teknik pukulan ini, ia aka mendapat sanksi dari wasit berupa pengurangan nilai. Selain sebagai serangan pembuka, jab juga bisa digunakan sebagai cara untuk menggangu konsentrasi lawan. Pukulan ini dilakukan dengan melontarkan tangan ke arah depan. Bagian yang biasa diincar dengan pukulan ini adalah bagaian wajah depan dan bagian perut serta dada. Hook merupakan pukulan yang sering dilakukan seorang petinju dalam pertarungan.

Berjarak 2 meter dari masing-masing garis pinggir arena, teradapat wilayah berbentuk persegi dengan ukuran 8 x 8 meter. Wilayah tersebut disebut dengan wilayah pertandingan, sedangkan wilayah diluar garis 12 x 12 meter disebut wilayah peringatan. Seperti halnya olahraga beladiri lainnya, taekwondo juga memerlukan sebuah tempat untuk dapat melangsungkan sebuah pertandingan. Arena yang dijadikan tempat pertandingan taekwondo terbuat dari matras berbahan elastis dengan ukuran luas 12 X 12 meter. Bila terjadi kedudukan 13 sama, pemain atau pasangan yang mencapai poin 13 lebih dulu berhak menentukan apakah pertandingan akan melakukan jus 5 atau tidak.

Bentuk bola yang digunakan dalam satu pertandingan harus berbentuk bulat sempurna dan terbuat dari bahan kulit atau bahan lainnya yang dinilai layak. Keliling dari bola tersebut tidak kurang dari 68 cm dan tidak lebih dari 70 cm. Sebelum digunakan, bola harus memiliki berat tidak boleh lebih dari 450 gram dan kurang dari 410 gram.

Penilaian tersebut didasari oleh dua hal, yakni akurasi serta presentasi. Pemenang pertandingan poomsae adalah peserta yang memperoleh poin lebih tinggi. Pada pertandingan poomase terdapat beberapa format juri yang bertugas untuk menilai gerakan-gerakan yang dilakukan peserta. Posisi wasit ada yang berada di depan peserta dan ada juga yang berada di belakang peserta.

Olahraga ini dapat dimainkan dengan dua pemain untuk cabang tunggal dan empat pemain untuk cabang ganda. Dalam level pertandingan Internasional, bola yang digunakan harus memiliki tanda FIFA Quality Pro, FIFA Quality, dan IMS (International Matchball Standard).

Biasanya setiap ring memiliki luar antara 3, 66 hingga 4, 88 meter persegi. Layaknya cabang olahraga lain, Tenis juga memiliki badan organisasi yang bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan. Badan organisasi terebut bernama ITF (International Tennis Federation) yang didirkan pada 1 Meret 1913.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *